Press "Enter" to skip to content

Perbedaan Kunci Antara SEO dan ASO

2

Saya rasa kebanyakan pembaca sudah familiar dengan istilah Search Engine Optimization (baca: SEO). Singkatnya, definisi yang paling sederhana dari SEO yaitu bahwa SEO merupakan sebuah proses dalam meningkatkan visibilitas sebuah situs web di mesin-mesin pencari (salah satunya Google tentunya).

Tentu, mereka yang lebih mengenal atau bekerja di SEO akan tahu bahwa SEO modern jauh lebih banyak daripada sekadar meningkatkan rangking atau visibilitas.

Lantas, Apa itu ASO (App Store Optimization)?

App Store Optimization merupakan sebuah proses guna meningkatkan visibilitas sebuah aplikasi mobile di App Store.

Cara untuk melihatnya adalah dengan memandang App Store seperti mesin pencari. Sama seperti dengan menemukan konten melalui Google, orang mencari dan menemukan aplikasi mobile dengan menggunakan sistem pencarian toko aplikasi (App Store).

Anda bisa mengatakan bahwa di satu sisi App Store adalah mesin pencari untuk aplikasi mobile. Penyedia layanan ASO dapat membantu Anda mengoptimalkan aplikasi mobile Anda agar memiliki peringkat lebih tinggi di App Store sehingga mendorong organic installs yang lebih banyak.

Pencarian Aplikasi di Google Play Store
Pencarian Aplikasi di Google Play Store
Pencarian Aplikasi di Apple App Store
Pencarian Aplikasi di Apple App Store

Perbedaan Utama antara ASO dan SEO

  • Faktor-Faktor Peringkat

Perlu diketahui, perbedaan utama antara ASO dan SEO adalah kompleksitas atau setidaknya apa yang kita ketahui tentang faktor-faktor peringkat ASO.

Web CEO SEO Tools

Meskipun kita tahu bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat untuk menentukan halaman mana yang harus diberi peringkat untuk apa dan di posisi mana, kita hanya tahu sedikit tentang faktor peringkat di App Store. Dan daftar faktor yang diketahuipun tidak sampai 200.

Daftar faktor peringkat ASO yang diketahui jauh lebih sedikit. Berikut ini adalah daftar faktor utamanya:

  1. App Title – salah satu bagian terpenting dari ASO. Pilih judul (App Title) yang tepat dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan diteliti dengan baik.
  2. App Keywords – kolom yang sangat penting di Apple App Store. Ini seperti tag Meta Keyword yang sekarang sudah tidak lagi berlaku. Tapi yang satu ini sebenarnya memiliki dampak besar pada peringkat App Store.
  3. App Description – Di sinilah Anda bisa menjelaskan apa aplikasi Anda dan mendorong orang untuk mendownloadnya.
  4. App Downloads – Jumlah unduhan aplikasi tampaknya menjadi salah satu faktor kunci. Aplikasi populer akan berperingkat lebih tinggi.
  5. Backlinks – ini tidak berdampak pada peringkat aplikasi Anda di Apple App Store.

Bagaimanapun, beberapa orang percaya bahwa Backlink dapat memengaruhi rangking Anda di Google Play. Ini cukup masuk akal, mengingat Google sudah memiliki algoritma serupa untuk mesin pencarinya.

  • Rating Aplikasi dan Review Pengguna

Ini merupakan perbedaan yang paling besar antara ASO dan SEO.

Di App Store, setiap aplikasi memiliki rating sendiri. Peringkat bertindak sebagai bukti sosial untuk aplikasi: orang cenderung memanfaatkan dan mendownload aplikasi saat mereka melihat ratingnya bagus.

Dan sebaliknya, bahkan jika sebuah aplikasi berhasil menempati peringkat tinggi, tidak mungkin mendapatkan unduhan jika peringkatnya buruk.

Review pengguna memainkan peran yang sangat mirip dengan rating; keputusan pengguna tentang apakah akan mendownload aplikasi atau tidak sering dipengaruhi oleh ulasan atau review ini.

  • Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Keyword Research adalah bagian penting dari SEO. Hal ini juga sangat penting bagi siapa saja yang bekerja di ASO.

Namun, ada satu perbedaan besar: ketika menyangkut Google, kita dapat mengakses data akurat dengan monthly search volumes untuk kata kunci tertentu menggunakan perencana kata kunci AdWords (AdWords Keyword Planner).

Tapi tidak ada cara untuk mendapatkan data kata kunci yang akurat untuk kata kunci yang dicari di App Store. Tentu ada beberapa tool ASO yang bisa kita gunakan sebagai penunjang.

Bagaimanapun, tidak satu pun dari tools-tools tersebut akan memberi Anda data yang profesional SEO saat berhubungan dengan mesin telusur.

  • Kemiskinan Aplikasi (App Poverty)

Mayoritas pengembang aplikasi mobile beroperasi di bawah garis kemiskinan. Ini berarti mereka tidak menghasilkan uang dari aplikasi yang mereka buat. Karena App Store semakin lama semakin ramai oleh lebih banyak aplikasi, maka permintaanpun ASO semakin bertambah.

Web CEO SEO Tools

Ringkasan

Saya harap postingan ini memberi Anda pemahaman lebih tentang kesamaan dan perbedaan utama antara Optimalisasi App Store dan Search Engine Optimization.

Keduanya memiliki tujuan yang sama: meningkatkan visibilitas aplikasi (ASO) atau situs web (SEO).

  1. Chris J Chris J

    Hi Jurnal SEO,

    I saw you tweeting about seo and I thought I’d check out your website. I really like it. Looks like Jurnal SEO has come a long way!

    Have you thought of building a mailing list? I think people would really like to be signed up to what you have to share.

    Good job on the social buttons, social media is so powerful these days

    Good job with the Yoast plugin SEO is so important these days.

    Also I’ve found a site where you can create viral videos to help boost any of your social media accounts. You can learn more at https://goo.gl/qGdynE

    Keep making great stuff!

    • Hi Chris,

      Thank you for visiting my new born blog site 🙂 Mailing list? sure, i think it’s a good idea. I guess i will build it in the near future. Thank you for your great suggestion, i really appreciate it.

      Cheers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest